Daftar Isi

Daftar isi atau table of content adalah semacam daftar yang memuat judul-judul yang ada dalam sebuah buku. Tujuan adanya daftar ini adalah untuk mempermudah pembaca menemukan kalimat yang dia cari bila sewaktu-waktu tiba-tiba teringat. Selain itu, daftar isi juga memberi gambaran kiranya akan seperti apakah muatan buku tersebut lantaran daftar isi memuat judul masing-masing bab. Selain digunakan oleh buku, ternyata daftar isi juga diperlukan oleh sebuah blog. Alasannya kurang lebih sama dengan fungsi di buku. Selain untuk mempercakep tampilan blog dan memudahkan siapa saja untuk mencari apa yang kiranya menarik jika kebetulan nyangkut di blog yang bersangkutan (?).

Saya pun demikian. Amat sangat ingin menyediakan kemudahan bagi sedikit orang yang terdampar di blog ini. Saya mencoba searching di tempat pencarian umum dan membaca-baca petunjuk di en.wordpress.com. Tapi sayang, saya belum berjodoh dengannya. Hingga ternyata setelah melewati beberapa batas waktu bahkan saat saya sudah mengikhlaskannya *lebay*, tiba-tiba seseorang membuat postingan yang agak terkait dengan apa yang saya maksud. Saya lalu mencoba mengunjungi lapaknya dan mencermati setiap kalimatnya. Namun sayang, saya tak paham. Haha.

Jadilah saya ambil jalan pintas, jalur khusus. Saya hubungi orang yang hampir mengecewakan saya itu. Alhamdulillah ternyata dia baik hati dan tidak sombong -mungkin- :-P dan dibalasnya email saya. Saya lalu mencoba mempraktikkan petunjuk singkatnya di lapak saya. Meski saya sedikit bingung dengan bahasa Indonesia darinya lantaran settingan lapak saya berbahasa Inggris.

Saya sempat beberapa kali mengalami kegagalan untuk menghasilkan tampilan yang saya harapkan. Saya mencoba menghubunginya kembali melalui email namun tak dijawab hingga tulisan ini dikerjakan. Maka tak ada pilihan lain. Saya harus berhasil menghasilkan tampilan yang saya mau. Karena jika tidak, saya akan terganggu. Padahal ada 120 dokumen yang harus saya selesaikan. Dan ini malah saya potong lagi untuk nulis blog! Ya salam! *teplokjidat*

Dan syukurlah. Tuhan Yang Mahabaik membimbing saya menemukan formula untuk tampilan yang mau. Hasilnya bisa dipastikan di sini : daftar isi.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah membuat tampilan daftar isi seperti yang saya maksud. Semoga ini berlaku di semua theme yang disediakan oleh wordpress. (curhatnya panjang amat ya? Ck ck ck-geleng-geleng pale)

  1. Pastikan bahwa semua tulisan telah berada pada katagori yang tepat. Usahakan satu tulisan hanya masuk dalam satu katagori. Hal ini berguna untuk men-tunggal-kan judul postingan di daftar isi.
  2. Buatlah sebuah page/halaman untuk menampung daftar yang dibuat. Caranya : dashboard -> pages -> add new
  3. Tuliskan algoritma berikut ini :

    NAMA KATEGORI SATU
    [*display-posts category="nama-kategori-satu"*]
    NAMA KATEGORI DUA
    [*display-posts category="nama-kategori-dua"*]
    Dst

    #katagori silahkan diganti sesuai yang ada dan tanpa * setelah ‘[' dan sebelum ']‘

  4. Nama katagori sebaiknya dibuat berbeda warna dan ukuran agar menarik.
  5. Nama tiap-tiap katagori silahkan dikaitkan dengan alamat masing-masing. Ini tidak wajib, hanya menambah kerapian. Lebih baik lagi jika Anda membuat page untuk setiap katagori.
  6. Sudah yakin benar? Tinggal klik ‘Publish’.

Ini adalah formula yang telah saya praktekkan. Nampaknya agak rumit. Dan jika Anda menambah katagori baru, Anda harus ingat untuk menambahkan secara manual pada page yang tadi telah dibuat. Bila Anda telah menemukan cara yang efektif, mohon saya diberi tahu ya? Saat ini kiranya daftar isi yang saya buat telah cukup memadai. (?)

Dan sebagai penutup, saya sampaikan terima kasih banyak pada seseorang yang baik hati di sana. Yang telah meluangkan waktu dan berbagi ilmu. Seseorang yang sebut saja bernama jampang. Ya ya ya ada jampang semua jadi gampang! Yihi! *Lho?

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About these ads

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook maupun twitter*
This entry was posted in Pengetahuan Umum and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Daftar Isi

  1. lazione budy says:

    wuih setting-nya English.
    tampilan WP saya standar saja, ora iso neko neko..

  2. jampang says:

    sipp… mantap :D

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s